Minggu, 20 September 2009

Kamu Jangan Korupsi !

Sering sudah kita mendengar, kamu jangan begini, jangan begitu. Tetapi kenyataannya apa?
Bapak marah-marah ke anaknya, "kamu jangan merokok! " Lalu anaknya protes," Lah, bapak sendiri kan merokok ! " Bapak masih dalam keadaan marah, "Bapak itu justru tidak mau kamu merokok, karena merokok itu tidak baik. Bapak bisa rasakan sendiri! Kamu tahu!" Anehkan, sudah tahu tidak baik, kenapa merokok? Pasti alasannya susah berhenti. Kan alasan. Coba kalau dokter bilang, "Bapak mulai saat ini harus berhenti juga merokoknya, kalau tidak, bapak pasti akan langsung mati, karena tubuh bapak tidak boleh ada nikotin lagi! " Saya jamin, pasti bisa berhenti! Ada seorang pimpinan atau pejabat, pasti bilang ke anak buahnya, kalian jangan coba-coba korupsi ya, kalau ketahuan jangan salahkan saya. Tapi menurut pengalaman, sebenarnya itu cuma taktik saja, agar kita tidak korupsi. Dengan demikian yang ngomong kan jatahnya tetap banyak. Karena itu pengalaman sendiri. Saat kerja punya atasan, kalau setiap hari meeting pasti selalu mengingatkan untuk tidak coba-coba korupsi. Karena nanti urusannya dengan penjara. Ya. . Benar saja, setelah saya tidak bekerja lagi, tidak lama kemudian saya dapat kabar, mantan atasan saya itu ketahuan korupsi ratusan juta. Hebatkan?! Jadi sebenarnya, intinya itu kalau ada yang bicara, kamu jangan. . . Itu artinya saya boleh! Kalau kita tanya, "Kenapa bapak bilang jangan korupsi, kok bapak sendiri yang korupsi? " " Kan saya bilang kamu atau kalian jangan korupsi, bapak tidak bilang 'saya' jangan korupsi! " Kalau dipikir, benar juga kok! Kamu jangan, artinya saya boleh!

Tidak ada komentar: